December 17, 2009

The Proposals!

Halluuuuu!
Kita telat telat ga sih, klo hari gini baru ngadain acara lamarann?? haha!
yap, we just held the perfect proposals on the Dec 12th 2009! (my mom doesn't want to call as engagement/ tunangan or sort of it, so we just call it as the proposals (lamaran-red)

Sekedar me- review acara lamaran yang kita adakan itu berlangsung di tempat kediaman keluarga Shoumie, adapun tata cara penyambutan tamu pun agak sedikit berbeda (ini yang unik, karena Shoumie yang kebetulan keturunan Betawi dan Menado) maka penyambutan diadakan seperti layaknya tradisi palang pintu / lenong-lenong betawi, berbalas pantun pada saat menyambut keluarga Giri.


Suasana yang semula agak tegang dan kaku dapat sedikit cair dan lunak dengan lenong- lenongan kecil yang dibawakan oleh mpok Ria dan abang Medi (keduanya merupakan om dan tante ku lhoo..), setelah penyambutan tersebut lalu Keluarga Giri yang datang dengan pasukan yang bisa dibilang tidak banyak alias hanya 7 orang saja dan disambut oleh keluarga Shoumie bisa berkisar 40 pax (belum termasuk anak-anak kecilnya) hihi! Lalu te-tamu memasuki ruang tamu dan memulai prosesi. Saya pribadi didalam rasanya sudah dag-dig-dug-ser (maklum baru pertama kali! ya iyalah emg mo bbrp kali di lamar?? dzigg!). Saya masih dikurung dan tidak boleh keluar jd hanya bs mendengar percakapan 2 keluarga tanpa melihat mimik dan ekspresi muka masing2. Untung sekarang ada teknologi foto digital yang habis di foto lsg bs saya lihat hasilnya :D


Setelah semuanya duduk di tempat, Pak Uday (Om yg sekaligus sebagai juru bicara keluarga saya) sedikit memecah suasana dengan sambutan dan banyolan dari kedua keluarga, memberikan seserahan berupa makanan khas dari daerah Jawa Timur. Semua tersusun rapih. Setelah itu baru deh saya boleh keluar dari dalam.. prikitiwww prikitiwww! saya mengenakan kebaya putih pendek, dipadu dengan kain batik bernuansa putih & hijau.

Setelah itu, pinangan pun berlangsung..klo kata orang tua kalau sudah di pinang engga boleh macem2 lagi, engga boleh main2 lagi.. krn sudah akan ada yang memiliki. Dan pinangan itu pun di simbolisasikan dengan sebuah Gelang Emas Putih yang akan melingkar di pergelangan tangan ku.. Dann, pemakaian gelang pun berlangsung. Karena acara ini bukan acara tunangan jadi tidak ada acara tukar cincin. Pemakaian gelang pun di pakaikan oleh mama nya Giri (demi menjalankan syariat islam, karena acara lamaran ini kan belum ada ikatan resmi antara aku dan giri, so.. we just do it that way.

Setelah, acara pinangan selesei.. lalu kita berlanjut ke acara ramah tamah diselingi dengan makan siang bersama. Adapun tema makanan kali ini karena aku ini keturunan Betawi - Menado, maka buffet yg dihidangkan pun ada Betawi Corner (Sayur Asem, Ayam Goreng, Cepeding, Semur, dll) Sedangkan di sebelah kirinya ada Menado Corner (mulai dari ikan woku, dabu-dabu, Sayur Ikan asam, dll) hehe.

Setelah makan-makan, kita adakan sholat Dzuhur berjamaah. Dan dilanjutkan ke acara temu keluarga disini kita membahas prosesi acara Akad dan Resepsi nanti. Setelah itu dari keluarga saya memberikan "balikan" berupa makanan khas juga dari daerah Betawi, kue-kue ringan yang dibungkus menggunakan kotak yg cantik dan apik untuk dibawa oleh keluarga Giri. Tidak lupa setelah itu acara foto- foto!!! yiippiii

Difoto ini ga boleh deket- deket, soalnya kata Keluarga belum sah, jadi ya bs dilihat sendiri fotonya ga boleh nempel-nempel yaa :)

Dari ki-ka (Nandha (adik ku), Papa Shoumie, Mama Shoumie, Shoumie, Giri, Bapak nya Giri, Ibu nya Giri

Thanks to temen - temen nya Shoumie n Giri yang sdh menyempatkan datang (Jonathan-Nila, Priesta, Enno, Ipu, Tandi, Dhanu, Apank, Zora, Ka Evi dan Raka) Thanks for all ur supports guys!


Yaudh segitu dulu yaa.. nanti kita sambung ke cerita- cerita selanjutnyaa.. dudud bbbuuyee!

ME

3 comments:

n'Dun said...

senangnya sudah lamaran.. ak insya allah bulan febuari lamarannya...

mamah ku juga gak mau nyebut tunangan..katanya takut ada apa" hihihi..daaannn sudah d wanti" juga gak boleh foto ber 2..KLO pun mau foto gak boleh nempel hihihihi..

Shoumie said...

hehehe.. iya nih! lamaran sdh, tinggal menghitung hari menjelang big day nya deh, mdh2an lancar smua2nya ya. :)

Gud lak buat acara lamaran nya yah, mdh2an lancar2ya..

motauajahdeh said...

seLaLu iRi ama acara ginian...huhuhuhu

pengen.. T_T