March 9, 2011

Account Management

Deuhh judul nya berat beneerrr..
Tenaaang.. isi postingan nya cetek kok, se-cetek biasanya lha
Maklum, berhubung blog ini suka dibaca-baca oleh para sepupu, keponakan ku yang masih piyek-piyek jadi pembahasan haruslah secetek mungkin. Hallo Hana! hehe

Adalah benar kalau pernikahan adalah awal dari sebuah kehidupan (khususnya bagiku) cieeeeh! Serius dong sekali-kali. Dari pernikahan saya belajar bagaimana cara memperlakukan orang lain, menghargai orang tersebut apabila kita ingin mendapatkan timbal balik yang positif, cara bersikap dan cara memasak tentunya, hehe. Ohhs did I mention cara memenej keuangan??

Hidup berdua dengan Ogita memang gampil-gampil-susah. Kadang “oohhss kenapa baru sekarang sih ketemu dia, knapa ga dari dulu aja”, but sometimes “aaahhss! Why is getting so hard..” biasa lah itu namanya juga pengantin baru! Teteuuupp. ..Kembali ke leeeptoop, soal hitung-menghitung adalah hal yang paling gue musuhin dari jaman sekolah dulu, sebut aja gue jeblok di matematika, sering di setrap di pelajaran fisika, bahkan statistik harus rela ngambil semester pendek buat nambahin nilai dimata kuliah, perih memang! Sadis! Namun the more I hate them the closer I get, liat aja dikantor gue di tunjuk jadi orang yang managing office accounts (mamfuuuss ga tuh!), di kehidupan RT Ogita menjadikan ku sebagai coordinator dari rekening-rekening yang kita punya. Hiks! <-- kenapa hiks?? wait, am getting there!


Cerita dikit ya, dulu si waktu masih ting-ting setiap abis gajian langsung gajinya di-separate ke- dua bank account, satu buat akun operasional alias jajan-jajan, belenji, satu lagi akun tabungan. aiisshh gaya..! tafii, pada kenyataannya tiap tengah bulan krn dana operasional udah bernafas senin-kamis (alias megap-megap minta di refill) mulailah duit di akun tabungan di pretelin, alhasil sampe sekarang udah punya masa kerja 8thn ga punya tabungan yang signifikan deh (dapet salam mie, dari Met*o Big Sale, Online Shopping.. eh itu lagi si ITC Ambasador dadah dadahh!!).

Ok, setelah menikah sekiranya semua perlahan akan berubah Amien 1000x, gue yang dulunya boros ga ketulungan, sekarang makin boros ga denng.. Setelah menikah, kita blak-blakan soal gaji dan pemasukan lainnya, kendalanya waktu Ogita minta laporan belanja dalam waktu yang bersamaan dia juga minta laporan dari my-personal account sempet terjadi perdebatan saat itu (be careful! Ngomongin soal ini memanglah memancing esmosi, eh ga tau juga deng, mungkin cuma terjadi sama ogut doang kali yaa…hehe), gue yang dari dulu menganut prinsip duit suami adalah duit suami dan istri, duit istri ya duitnya si istri tok!! agak risih dimintai laporan (kalo bersih, kenapa mesti risihhh..), nyatanya emang gue engga terlalu bersih, ya gitu deh bukan gue takut ketauan nyatut, korupsi duit kantor bukan yaa, apalagi beli-beli narkoba, masyaAllah engga lah yah.. cuma saat itu waktu di audit Ogita "kok beli ini?" "kapan belanja-nya? bukannya udh beli ya minggu lalu?" "Kenapa beli ini sampe 2x sebulan?" agak gerah sih karena sedari dulu-dulu gue mau beli apa aja terserah udel gue eh sekarang tiap mau belenji mesti ada justifikasi yang dilayangkan ke Ogita terlebih dahulu. Tapi gue yakin se ainul yaqinnya kalau maksud Ogita ini sangatlah mulia, dan dia juga ga minta sepeserpun, dia cuma ga mau gue capek-capek kerja banting tulang tapi koleksi gue cuma antara perangko, baju-tas-sepatu-baju-tas eh sepatu lagi, kurang in atuh, koleksi tu yah, emas, berlian, rumah, se-hektar tanah (bukan se-ember), apartemen, dan sebagainya yang lebih valuable itu baru masa kini!! Denger itu semua gue merasa tertantang bukan main cieeee.. (we’ll see next couple months! mudah2an saya kuat menghadapi godaan sale yang terkutuk) Kenapa ga mikir dari dulu yaa, kenapa gue bolak balik ngabisin pundi pundi gue buat printilan-printilan yang mana kerap gue lupain, ga jarang kan gue beli barang yang sama untuk kedua kalinya *ngumpet di balik batu.

Jadi, starting immediately saya, atas nama saya dengan ini menyatakan akan menghentikan kegiatan pembelanjaan yang (kurang) perlu dan mulai untuk menata keuangan lebih baik dari sebelumnya. Tertanda, Shoumie. Cieehhh..

Bismillahirohmanirahim
*gunting pita
*potong tumpeng

*selametan
*pengajian

Sekian!

3 comments:

Dina Adit said...

hehee..nice post mie..ditambah lagi kudu ngerem "nafsu makan" biar ga makan diluar mulu..ayo masak!! :)

JJ said...

Ahahahaha... tiap pasangan beda ya, seus!
So far gw n husband belum sampe print rekening koran account masing - masing . Tapi kisarannya, masing2 tahu lah.

Tapi bener sih, mie. Konsumtifnya cewek (like us) jadi outdated item (sepatu, tas baju) jadi p*p (makanan).

sementara laki (at least the husband) jadi asset.

shoumieee said...

@Dina: iya ya din tp klo napsu makan disuru ngerem jg bisa ngambek nangis guling2 akuu hehe. Eh, kapan atuh kita pijet2 bareng lagii. yuks!

@Bumil JJ: Haha! iya beda2 ya, klo gue ga smp ngeprint rekening koran juga kok. paling2 dikasih liat pswd buat ngakses klik BCA, haha (sama ajaa yak!)