February 19, 2019

Sekolah oh.. Sekolah.. (Part 1)

eh hai... hahahaha 
nge-blog kok yaa jaraknya tahunan.. amatirr

Kali ini mau bahas sekolah anak niy, (jangan pada bubar yaa..😂) insyaAllah kalau semua berjalan lantjar si nakbayi gede udah mau masuk preschool tahun ini, so yes #2019bayarsekolah. hahaha 

Dulu-dulu sering wondering sih kalau baca blog buibu soal hunting sekolah, dalam hati "kok segitu repotnya mau sekolahin anak, perasaan jaman mak w dulu ga gitu, masuk ya masuk aja sekolah ga ribeut kaya buibu jaman now.." eh ketulah kan sekarang hahaha, mo masukin anak da mulai riweuh dari si bayi umur 16 bulan! wow! 


Jadi lagi lagi gue bersyukur apa yang sudah Allah kasih buat gue dan suami, salah satunya ngasih arkan disaat yang paling paling tepat, jadi during period of waiting gue da mulai nyari nyari tuh pendidikan yang cuco buat anak-anak kita kelak dan cencunya cucook di kantong yaaa ahahaha (teteup ujung-ujung duidd) 😆😆, nah dari hasil research, ceilee research.. tertjetuslah kalau anak w nanti sebisa mungkin mau disekolahin di sekolah yang basis nya IB! nah why IB? bisa gugel langsung yaa di website yang lebih capable ngebahas IB. Kalau dari hasil research gue tentang IB (International Baccalureate) itu adalah cara belajar dimana berdasar pada pemahaman konsep (concept based), jadi murid-murid terlebih dahulu diberi pemahaman konsep akan sesuatu yang dipelajarin, cara belajarnya bersifat project dan tolak ukur penguasaan knowledge bukan hanya dari ujian/ulangan dengan gitu anak akan terus di encourage jadi anak yang inquirer/ pembelajar yang selalu haus dengan pencarian ilmu dan pengetahuan disekitarnya selain itu menurut gue kalau anak sudah mengerti sebuah konsep otomatis ilmu- ilmu yang didapat bisa diserap, dicerna dengan lebih baik dan juga di kurikulum IB anak juga diajarin how to manage personal emotions dan social interaction jadi ya anak di dorong untuk bisa terus aktif dan jadi pembelajar seumur hidupnya.. can we say AAMIN? AAMIN! 

Selain itu juga, gue sebage anak yang mengenyam pendidikan dengan pakai kurikulum nasional (maap yaa maap ya nih kalau ada yg kurang setuju..) bukan apa-apa yang paling gue rasain sebage salah satu downside sekarang ini gue tuh males/segan/takut untuk ngomong/ standout di depan publik kalau gue merasa lawan bicara gue itu ga sepaham atau ga tertarik sama topik yg mau gue sampein (ngerti ga maksudnya?) why begitu? karena di sekolah dulu kan kita emang jarang di encourage buat ngutarain pendapat dari perspektif sendiri ya, di sekolah kita dulu mostly tipe nya "guru is always right" ngelawan atau beda pendapat sama ya not acceptable dan ujungnya di jemur di lapangan ahahahha, jadi ya emang kita ga di setting untuk mikir out of the box, ya gak sih? - which is itu jadi downgrading banget sih buat gue apalagi di dunia kerja sekarang. Selanjutnya di kurikulum nasional itukan masih ada yang namanya ulangan ya dimana di momen momen ulangan itu anak-anak seolah disetting untuk jadi seorang penghafal (yaa gak ada yang salah memang sama jadi penghafal, for some cases gue setuju sih, kaya penghafal Quran misalnya..) nah buat anak yang jago ngafal yaudah pastilah doik bakal jadi idola guru guru alias juara kelas sementara ga ada jalan lain buat anak anak yang lemah dihafalan/ cara belajarnya bukan dari menghafal dan so pasti akan dapet nilai jelek  ehem kurang baik di ulangan (which is itu guaa bangat! 😂😂 gue pengen kabur rasanya tiap ada ulangan dan paling gedeg abis ulangan anak yg pinter pinter pada bahas jawaban ulangan  dan udh pasti jawaban gue gada yg sama kaya mereka 😭😭😭 -maapin ibu mu nak!)

Yaa kurang fair juga sih kalo gue nyalahin kurikulum nasional tapi itu siy yang terjadi sama gue, (hahaha di revisi takut diamuk massa, yaaa) tp buktinya banyak juga sih temen temen gue dulu dan orang- orang yang sukses diluar sana mengenyam kurikulum nasional itu, jadi mungkin emang gue nya aja yang pemalu dan males ngafal.. eaaaaaaa..

Nah kurang lebihnya itulah kenapa gue merasa into sama sekolah sekolah IB ini karna sedari bayi ni anak anak udah diajarin tampil depan kelas, berani mempresentasikan sesuatu di segala kondisi mau temen temennya dengerin atau engga, temen nya nguap-nguap ato lagi ngupil tapi mereka udah belajar berani speak up sejak dini, belajar tahan mental nya untuk ga didengerin yaa urusan nanti anak tetep jadi pemalu mah yauda layaah yang penting kan sekolah sudah meng-encourage anak ke arah situ demi create anak anak bangsa untuk lebih jago ngutarain sesuatu. Itu jadi point penting sih buat gue selain tentunya cara belajar yg lebih memperkaya project based, create essay, kerja kelompok dan banyak lagi sih cara pengajaran di IB ini yang cocok sama gimana gue mau nerapin pendidikan ke anak anak gue.  Nah pas ngobrolin ke suamik doik pun sepaham. okesip.. 

Selanjutnya, dimana nih mo sekolahin anak w, disamping gue mau anak masuk sekolah yang pakai IB gue juga mau anak gue sekolah di sekolah islam! harus ituu.. sedari dini gue mau dia dapet penerapan penerapan agama islam di lingkungannya biar gimana waktu dia di sekolah nantinya akan lebih banyak dari waktu dirumah jadi sebisa mungkin lhaa tempaan agama islam dari sekolah harus dia dapetin walau teteup yaa ajaran agama itu harus dari rumah juga itu mah emang tugas wajib ortunya yaa, so udah pasti sekolah umum bukan pilihan w. Alhamdulillah lagi suami pun seirama..  

Nah untuk pilihan sekolah sendiri gue ga banyak punya opsi tapi lucunya dari pas pindahan rumah ke daerah Jagakarsa beberapa kali sih ngelewatin sekolah ini dan entah kenapa intuisi ceile dalem hati gue blg "pengen ah sekolahin anak anak nanti di sekolah ini.." without knowing nama sekolah itu apa ya, cuma liat sekelibetan islamic school di jalan Bango dan pas browsing browsing kok yaa kaya dapet combo! sekolah ini selain sekolah islam juga sudah listed pake kurikulum IB, wah kok nyenengin amat! yawda pas anak umur 16 bulan gue sama suami udah masukin nama ke website sekula ini dan dia dapet nomer urutan 161! pas ya, 16 bulan, urutan 161! hahaha apaan auk tak dinyana hasil gugling bilang ini sekolah termasuk yang banyak peminat nya karena untuk sekolah yang basis IB dan Islamic School gak banyak di Indonesia bisa dibayangin ya ga banyak di Indonesia lho buibuu.. jadi yaa itu jg yang bikin berebut mungkin. Jadi paham ternyata ini toh rasanya kenapa ibu ibu bisa dibikin galau dan keribetan sendiri milihin sekolah buat anake.. HAHAHA, mamam tuh! 

Di bulan Nov 2018, kita samperin tuh sekolahnya dengan harapan bisa langsung daftar ga pakai nunggu antrian hahaha.. enak ajee! pas sampe sana kita ketemu sama admin/receptionist dan langsung di infoin kalau harus nunggu sampai Jan 2019 akan dapat panggilan buat calon calon siswa yg waiting list, di infokan juga kalau penerimaan siswa Pre-k hanya 45 siswa setahun nya! jeng jeng! jadi kebayang dong klo yg udh dapet urutan 1-45 masuk semua yaa bye bye lhaa yaa si anak dengan nomer urutan 161 ini .. mamak cryyyy! 

Kemudian mamak pun nyari lagi sekolah sekolah sejenis kaga nemu yang bener bener sreg chuyyy,  concern nya yang ga terlalu jauh dr rumah, sekolah islam yang IB. Sekolah islam sih banyak tapi ga pakai IB, giliran pake IB sekolahnya bukan sekolah islam. Sempet kepikir yaudah tar aja pas SD baru masuk sekolah ituu.. etapi ternyata akan lebih sulit, karena pas kita daftarin Pre-K dapet nomer 161 di kita lanjut daftarin juga buat di K1-K2 dan SD tapi teteup waiting list juga buibu.. lalu mikir dong sekolah kan akan prioritasin penerimaan SD ya dari anak anak lulusan di Pre-K / TK nya duluan kan sebelum buka slot buat umum, bukan begitu? Jadi persaingan akan lebih ketit kalau mau nyoba masuk di jenjang SD. Kemudian pencarian berlanjut nyari opsi kedua nya cuma ya ga diseriusin cuma nelfon, ada 1x yang didatengin buat trial, anaknya juga happy aja sih sebenernya cuma ayah bunda nya belum sreg. Oya concern berikutnya kenapa juga sreg sama sekolah ini karena di sekolah itu gedungnya udah tersedia sampai SMA, yang mana kalau memang cocok terus kita ga berniat mindah mindahin anak ke sekolah lain yaudah disitu aja terus sampe beranjak remaja (ini juga salah satu concern yg timbul karena gue sm suami dulu sekolahnya pindah pindah dari TK sampe SMA dan kita ngerasain ga enak pindah pindah sekolah gicu..) jadi kalau memang memungkinkan dan anaknya juga cocok kita mau Arkan di ruang lingkup yang sama aja sedari bayi sampe SMA nanti hehehe.. byarin nanti dibilang temen nya cuma itu-itu aja ya, biarin azaa yaaa nak ya.. 

Jadi dimanakah Arkan nanti bersekolah..? 

To be continued...    

2 comments:

Leony said...

Gue ini anak yang tumbuh 100 persen dengan kurikulum Nasional dari SD sampe SMU loh, dan dari dulu gue cuek aja kalau tampil di depan, dan kayaknya sihhhh, temen-temen gue juga banyak yg tipe cuek bebek tampil dan ngomong hahaha. Gue rasa bukan soal kurikulumnya sih, tapi juga soal style pengajaran sekolah dan soal personality masing-masing anak juga. Ditunggu kelanjutan storynya yah.

shoumieee said...

Le, pakabaar? hihi. iyaaa yaa mungkin beda sekolah, style pengajaran dan beda potensi anak jg faktor keberhasilan kurikulum uga yhaa hehe. Tapi klo gue denger cerita temen gue yg TK-SMP di indo terus SMA lanjut di luar emg beda banget yaa cara belajarnya pas di Indo dia gak pernah dpt nilai bagus dan pas pindah SMA di luar dia lsg berprestasi, yaa konon ktnya emang cara belajar di indo ngebosenin dan hal yg paling gue takutin tuh klo tercetus dari anak gue nanti blg bosen sekula, wadoww.. :))