February 26, 2019

On Potty Training (Part #1)

"Arkan, kalau mau pipis dimana?"
"Towet (toilet) bunda.."
"Kalau sakit perut mau pupi ngomong nya gimana?"
"Atan mau pupi bunda.."
"Pupi nya dimana?"
"TOWETTTT BUNDAA..!!" *pake nada melengking kek abis nelen priwitan 

OK SIP! 

Berhubung dari anak ini 2 tahunan dsa nya udah nyuruh kudu lepas pampers jadi kita udah mulai nyebut nyebut soal ga pakai pampers lagi pas dia umur 28 bulanan waktu itu. Belajar dari pengalaman nyapih yang amat amat smooth dan less drama proses nya gue mikir insyaAllah toilet training bakal as smooth as nyapih lah yaa ditambah dsa nya bilang anak ini udah responsive banget dan paham banget apa yang diomongin ke dia. Lalu mulai lah pelan pelan kita omongin tiap malem mau tidur "sekarang kan umur A itu 28 bulan jadi 2 bulan pas umurnya 30 bulan udah gak pakai pampers lagi yaa, pup nya di toilet yaa kaya bunda dan ayah.." (kita pakai cara yang sama kaya waktu nyapih, dibisikin dari dia umur 16 bulan dengan ekspektasi akan dijawab "iya") namun soal ini dia lantang jawab "ENDAK! pampers aja!" --TETT Failed

Oke kita lalu terbuai dengan anak yang masih pampers-an enak yaa kalau ke mall dan dia mpup kita gak perlu sprint dan minta permisi ke antrian di toilet, masih bisa jalan santaii berkat pampers dan kalau dirumah pun demikian, di cek oh pampers masih kering lalu diemin sampe pagi, jadi yaa belum ada cerita bangun tengah malem buat ngajakin anak ke toilet.. DAN sampai pada situasi dia mau masuk sekolah baru deh ketir ketir lagi soal toilet training ini dan baru beberapa hari yang lalu kita canangin lagi gerakan hari tanpa pampers..  Dimulai dari malam hari: 

"Besok kita No Pampers yaa.."
"endakk awuu pempes ajaa.."
"Please... nanti bunda bantuin deh, nanti bunda kasih yupi.."
*diem dan berlalu..."
*zzzz  ok baik w dikacangin. 

Sampai di pagi harinya, seperti biasa gue mandiin dia pagi dan sengaja gue izin kantor hari itu demi mensukseskan gerakan tanpa pampers itu, wadidawww niatt yaa bu! dipagi hari abis dikasih buah- buahan terus dikasih sarapan dia main kaya biasa ditengah tengah main tampang nya mulai ga ens dia diem beberapa detik terus pas ketangkep sama w, roman- roman nya dia mules nih ditanya dan dia ngangguk untuk segera ke toil (walo biasanya pernah juga udh sprint ke toil taunya false alarm- doik cuma cengir cengir sambil bilang ndaa pupp bunda.., kali ini mo pup ato ga gue kudu lari ke toilet karna dia ga pake pampers kan dan gue juga segen yaa beresin pup bececeran HAHAHA- maap klo  ga ens bahasannya), pas duduk di toil gak lama beneran lho doik PUP! WAWWW!! seneng nya se-seneng itu yhaaa buibu.. lsg kepikir whaa mayan nih hemat gak bebelian pampers  (ujung ujung nya ke ranah economical value yhaaa..)  😂😂, lanjut kita pakein dia cel-dalem / no pampers. Sampe siang masih aman terus lanjut bobo siang udah gue tatakin ni anak pake perlak bayi nya 2 lapis dan beberapa kali gue pegangin celana nya "oh masih kering.." sampe pas dia bangun tidur , dia pindah posisi jauh dari posisi perlak, dia nempel- nempelin gue seperti biasa minta dipeluk peluk sebelum bangun, gue pelukin sambil cium cium eh pas megang bagian pant*t oh yesss!! oh yesss basah aja tuh celana nya! kuyubb!!  
Langsung angkut bawa ke toilet. Emang yaa gabole kecepetan girang dulu buibu..! 

Attempt hari berikutnya karena stock celdal masih dikit, jadi musim ujan gini diirit- irit, jadi pagi dipakein pampers lagi (kali ini jatah oma-nya karna ibunda harus ngantor dulu dong..) tapi udah di ingetin pipis ga bole di pampers yadaa yadaa yadaaa. Reportase pagi dari omanya ok pagi itu sukses pipis di toilet dan leave a dry pampers lalu dipakein lagi cd nya sampe agak siangan entah dia lupa atau gimana oma nya gantian kena doorprize alias dipipisin plus jackpot juga yakni, mpup! yhaaaa.. gimandang dong indang??

Kalau kata ibu ibu senior yang rajin emang tiap beberapa jam mereka ngedudukin anak di toil katanya ya, lalu tiap malem pun masang alarm tengah malem buta buat bangun dan ngajak anak ke toilet, tapi kok kumalas..😐😐 terlebih gue gak sama dia di hari kerja dan itu akan jadi kerjaan tambahan buat si embak dan oma nya..kacian ugaa, tapi di satu sisi kan mikir juga masa nanti di sekolah masih pampers-an. Kalau jaman nyapih dulu kan katanya "Ibu dan anak lah yang paling tau kapan saatnya berhenti ASI, jadi kalau ibu 100% udah siap untuk nyapih, anak shall follow.." dan waktu mau nyapih tiap di doktrin nanti berenti nen di umur 24 bulan niy anak selalu jawab "iya" atau "oteee bunda" ini apa karena gue nya yang belum siap-siap amat yaa untuk gak pampers-an.. jadi si anaknya kalau dibilangin "besok no pampers day ya?" dia langsung jawab "enda pempes aja.." waduuh waduh.... 

Kalau ada yang baca, mau dong tips jitu nya potty training please... hehehe 

Nanti deh update lagi disini kalau udah berhasil... 
Doakan! 

No comments: