November 23, 2009

Wedding Consultant? Yes or No?

Mmhh mungkin banyak dari kamu2 diluar sana yg kira2 kurang mengenal apa itu wedding organizer, wedding consultant or wedding arranger .. aku pribadi baru ngerti banget2 gimana kerja sebuah wedding consultant sejak aku mulai start nyicil2 ngurus buat our "D" day. hehe :)

Jadi gini, berawal dari waktu kita lg keliling2 cari2 gedung-gedung buat acara resepsi kita (acarannya si masih agak lama, insyaallah di selenggarain taun depan, Amien) cm kita da mulai nyicil2 aja biar ga repot di last minute. anyway, kita dpt contact di sebuah gedung Smesco yg terletak di antara pancoran ke arah kuningan rasuna said letaknya di sebelah kiri jalan, terlihat dr luar sih gedung nya lumayan bagus terlebih gedung ini termasuk gedung baru, jd interior maupun ekesterior masi terlihat sangat baru, di punya satu Ballroom namanya Nareswara Ballroom yang terletak di Lt. 4 Gedung Smesco. Setibanya disana kita coba masuk dan ketemu sales nya namanya Mas Yunus, org nya baik, ramah n sangat2 well-informed terus dia ajak kita keliling gedung karna pd hari yg bersamaan itu sedang di gelar acara resepsi juga disana jd kita bs lihat secara live tipe resepsi yg di gelar. Setelah keliling2 gedung (ini salah satu foto Nareswara Ballroom, bagus kann?) Well, bisa di bilang gedung nya cantik, apik dan manis, dgn interior yg di lengkapi carpet dan lampu2 kristal smua hampir diblg cukup sempurna
Cuma sayang kapasitas gedung dgn perkiraan jmlh undangan yg akan di sebar sepertinya gedung ini masih terlalu kecil terlebih akses ke ballroom nya juga jd bahan consideration krn sulitnya akses yg mesti naik lift, yg mana lift nya hanya tersedia 4unit yg beroperasi dari lower ground smp lantai atas, terdapat pula eskalator hny bisa di gunakan smp lt 3. Tp setelah ngobrol2 dgn mas Yunus ini dia menjelaskan secara gamblang apa aja yg akan kita dapat klo kita menggunakan gedung Smesco ini, berangkat dari situlah kita jd mengerti cara kerja sebuah wedding consultant karna kebetulan di Smesco ini mereka appoint satu wedding organizer yg bertanggung jwb penuh untuk penyelenggaraan sebuah event di ballroom Smesco ini.. nice!

Setelah capek seharian keliling ke beberapa gedung, akhirnya kita berdua diskusi dan hasil diskusinya itu kita bicara-kan bhw sepertinya lebih praktis kali kita dealing sm one spoke person yaitu si wedding organizer itu, jd kita ga perlu repot2 ngurus2 segala tetek-bengek, perintilan2 krn smua nya udh di urusin oleh satu kepala dan dia bertanggung jwb penuh untuk itu.

Pucuk dicinta ulam tiba, wktu itu kita sedang survey gedung auditorium binakarna yg terletak di gedung bidakara, setelah bicara2 sm sales banquet sales nya kita dipersilahkan untuk melihat bentuk auditorium Binakarana, tanpa menunggu lama akirnya kita kesana dan ini yg aku blg pucuk di cinta ulam tiba, pas tiba di dpn auditorium seorang embak-embak setengah baya nyamperin kita "Hallo mba mas, ada yg bs kami bantu..?" terus kita mulai de percakapan dgn embak2 itu yg diketahui bernama Mba Eva dia salah seorang sales di sebuah wedding consultant! wowww watta perfectoo does it? hehe.. ngobrol2 smbil ambil2 foto dia sembari menjelaskan ttg company profile nya, Wedding consultant ini bernama Wifa Wedding Consultant mbak eva yg ramah dan bs di blg luwes, lugas dalam menjelaskan produk dan servis dari WO tersebut (maklum sales gituu lhoo..). jd seperti layaknya sebuah event organizer, si wedding consultant ini pun sama kerjanya dia akan menangani smua urusan2 kita dari mulai; gedung, catering, decoration, photography smp wedding dress tanpa harus men-kontak beberapa pihak krn sdh di handle sm satu org ini, enaknya lg kalau kita ambil paket bs dapat lebih harga murah daripada kita urus satu persatu krn kalau paket menu2 di dlm paket bs di compensate -kan ke item yg lain.
Setelah pertemuan di Binakarna ini pun kita ga berhenti disini kita tetep tanya2 beberapa vendor serupa, seperti; Nurmayasari, Caterindo, Puspita Sarwagi dan Diamond mereka adalah vendor2 serupa tetapi tidak terlalu sama.. hehe. Karna setelah kita membandingkan harga-harga serta apa saja yg kita dapat ternyata harga di Wifa bs dibilang harga paket yg paling baik diantara vendor2 serupa lainnya, Dilain kesempatan akhirnya kita visit office nya yg terletak di Jl. Pulo Asem Timur Raya No. 6 Jati Rawamangun- Jakarta Timur (Ph" 489-2473 atau 478-60149), ngobrol2, bincang2 dan mereka pun memberikan masukan yg sangat2 penting buat kita, yaa gimana engga berarti, secara mereka sdh mengadakan lebih dari ratusan event wedding sebelumnya, sementara kita? baru juga kali ini :) jd kita terima semua masukan-masukan yg mereka kasih, begitupun mereka jg dgn bijaknya mendengarkan apa yg kita mau, terus stelah beberapa kali kita diundang test food/ test performance akhirnya kita balik ke kantor mereka lg untuk bayar-membayar .. tgl 31 October kemarin akhirnya kita DP paket serta DP gedung yg kita dan keluarga besar inginkan .. Alhamdulillah.

Oiya, sekedar tips-tips dalam menjalin kerjasama dengan wedding consultant (berdasarkan pengalaman);

1- Kita harus beberapa kali men-survey performance mereka sblm kita sign contract ato kasi DP ke mereka, pastikan dulu kita sreg sm product and services mereka.

2- Karena kita ambil paket, kadang kala kita dikasih item2 yg standard dari paket tsb dan kita terlalu masa-bodo dgn isi paket tersebut please dont! (itu yg kita lihat di beberapa performance Wifa sblmmnya) jadi hindari hal tersebut, kalau menginginkan sebuah resepsi yg "wow" ada baiknya di bicarakan dgn detail kepada si wedding consultant mau nya kita seperti apa dari hal terkecil smp terbesar. karna berdasarkan fakta dan pengalaman test food/ test performance ada satu resepsi yg wkt itu diadakan di Puri Garini Halim dan menurut aku itu adalah performance terburuk dari si Wedding Consultant ini, mau tau kenapa? Puri Garini yg terlihat sangat mewah, apik dan cantik itu terlihat sangat biasaa bgt! mulai dari pintu masuk sampai ke atas pelaminan (bunga2 yg kurang, penataan dekor yg kurang, terkesan berantakan ditambah ada beberapa menu masakan yg dingin ga warm lagi menambah catatan hitam yg ada pd WO ini) betapa sayangnya, dgn sewa Puri Garini yg sdh relatif mahal tp gedung nya jd terlihat kosong-melompong dan biasa bgt! entah kesalahan nya pada pihak siapa, apakah pd pihak WO ato pihak si pengantin atau karna itu tadi tidak ada komunikasi yg baik antara pihak calon pengantin dan WO, yg pasti untuk mengantisipasi ini, dipastikan kita harus mengkomunikasikan segala apa yg kita mau kepada pihak WO, terbukti selang seminggu setelah itu mereka mengadakan acara resepsi di tempat yg sama dengan jmlh tamu yg juga sama dan Puri Garini disulap jadi gedung yg terlihat sangat mewah, megah cantik, manis dan apik!.. overall nyaris sempurnaa!! yeayyy.. Go Wifa!! (lebayyy dehh looo mie!) terbukti kalau mau sempurna, kita HARUS BAWEL sm mereka..
Soal gedung vs dekor ini juga hal terpenting kedua setelah catering, klo gedung nya sudah "wah" kita jg harus mengeluarkan kocek lebih untuk sebuah dekor yg se-"wah" gedungnya.. Ya kalomemang bugdet tidak memungkinkan sebaiknya mending cari saja gedung yg lebih sederhana atau lebih murah supaya dekor nya bs lebih seimbang dengan gedungnya. Jd pinter2 men-mix n match gitu kali ya..

3- Terus, pastikan jumlah undangan di informasikan ke WO dengan jelas dan pasti. karena wktu itu kita jg pernah datang ke sebuah acara resepsi.. alamak jangg dengan kapasitas gedung yg ga terlalu besar tp undangannya benar2 melimpah ruah, sampai2 wktu mau ambil makan aku ini sampai sikut2an dengan tamu2 lainnya, saking kapasitas gedung ga sesuai dgn jmlh undangan yg dtg (ini sih bukan produk/ servis nya Wifa) tp perlu take a note juga klo jmlh undangan harus diketahui dgn pasti dan di informasikan kpd si WO se-deteil mungkin.

Ya.. aku rasa segitu aja dulu catatan kecil tentang sebuah Wedding organizer ini, nanti di kesempatan lain insyaalah aku mau cerita edisi milih2 kebaya! tungguin ya! hehe.

Me

1 comment:

Unknown said...

Make your dreams wedding come true at HIS PATRA JASA (New Concept) . Get “Cashback up to 40jt NOW!!! dengan hanya booking fee 5jt kamu udah bisa buat lock tanggal, harga dan promonya lohh! Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana/Bridal, Photography, Entertainment, MC, Wedding Car, WO & Wedding Consultant yang akan membantu acara pernikahan anda! Jadi capeng gak usah ribet untuk urusin semuanya sendiri. For more detail info: 081218066818 Visca