August 24, 2010

Hukum nama suami di belakang nama kitah (baru tauuu!)

Seperti biasa ritual sesampainya di kantor pagi ini selain buka email sayapun tak lupa membuka we-we-we dot blogger dot com :p (maafkan karyawan mu boss!) perkara pekerjaan bs lupa sejenak klo udh mulei blogwalking. Heniwei, kegiatan di blog pagi ini pun sedikit berbeda selai melihat apdet apdet post saya pun juga mengganti nama belakang saya, dulu saya taro di kolum posted by -->.shoumie. nah pagi tadi saya ganti pake nama suami jadi --> shoumie atmaja hehe. sounds weird, huh?! nanti engga ada yg ngenalin akuh lg deh. It aint bad being narsis loh! :p

Tetafiii selang beberapa jam dari pergantian nama tersebut tak lama saya dapat forward link dari om saya via bbm dgn judul Hukum seorang wanita menambahkan nama suaminya di belakang namanya. Jeng jeng mendadak tersentak saya, watta coincident ya, pdhl saya sangsi kalau om saya ini tengok2 blog saya guna mengecek apa saya ganti nama belakang saya ato endak. tafiii kok bs pas bgt yah? Well God is good!

Tanpa bak bik buk lsg ku baca yg mana sumber forward-an link itu terdapat disini menurut blog tersebut ada beberapa pendapat mengenai penambahan nama suami di belakang nama kita untuk lbh lengkap nya silahkan baca-baca.

Menurut hemat saya (saahh!), Banyak persepsi sih yg akan timbul setelah baca fatwa fatwa serta sabda Rasullulah yg di sampein di artikel ini, ada yg berpendapat firman ini di peruntukan untuk anak angkat supaya tidak menghilangkan identitas ayah kandung nya, ada juga yg berpendapat tergantung niatnya toh juga ini cm pembubuhan nama, ayah ya tetap ayah dan ga akan diganti, cm hanya u/ mengisyaratkan klo si anu itu istri nya si anu dsb.. Sebagai orang awam seperti saya ini yg belum / kurang mengerti ada baiknya di serap terlebih dahulu, mari setelah ini kita tanyakan kepada guru ngaji atau orang orang terdekat yg kita percayai mampu memberi pembelajaran langsyung. betul?

To be honest, suami never bother mau pake nama papah ku silahkan nama suamih juga silahkan. Both papah ku en suami kuh tak pernah mempersoalkan hal ini, Suami jg ga pernah maksa mau di bubuhin apa di belakang ku, tp yg fasti nama anak mesti nama desse dong ah, untung nama belakang kmu bagus sayang, jadi nanti aku bisa menghias nama anak ku kelak dan membubuhkan nama mu di belakang nama si dedek hehe :)


Yaudh gitu dulu dech

Rgds,
Me

4 comments:

misfah said...

katanya sih begitu, aku memang tidak penah mencantumkan nama suami di belakang namaku dalam karir profesiku, nama ayah juga tidak, tapi kalo dalam perkumpulan ibu-ibu ditempat kerja suamiku aku pasti di panggil Bu Riwandi, nama suamiku. Kalo disekitar rumah malah orang-orang manggil mama Rizky, nama anak pertamaku.

shoumieee said...

Hi Mba,
Iya yah aku malah baru tau ada ayat demikian :)
Waw udh pny anak yah, syenangnya enw, tx for droppin comment yaa

prin_theth said...

Shoumieeee inpoh yang sangat berguna, gan! Makasih ya. Apalagi nama gue bener-bener pake nama bokap, jd merasa makin dosa kalo ganti2 hihihi

shoumieee said...

Leiiiii hehe, sama2 tanteee. Eijk juga nih udh ngetobb nyah pake nama babeh, jadi agak janggal klo diganti-ganti. Hihi.